5 No Punggung Pemain Manchester City yang dikenang sebagai Legenda

Manchester City bernama lengkap Manchester City Football Club, merupakan salah satu klub sepak bola papan atas di Liga Inggris. Tulisan ini akan menyebutkan 5 No Punggung Pemain Manchester City yang dikenang sebagai Legenda. Kejayaan klub bermula saat kepemilikan diambil alih oleh pengusaha kaya pemilik Abu Dhabi United Group pada tanggal 23 September 2008, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.  Meskipun selalu diisi dengan pemain bintang, The Citizen tetap memiliki seorang legenda yang patut dikenang, berikut ulasannya!

1. Nomor Punggung 1

Nomor punggung 1 umumnya merupakan nomor punggung bagi penjaga gawang. Tercatat beberapa penjaga gawang top pernah mengisi skuad Manchester City. Dimulai dari Peter Schmeichel yang pernah memperkuat skuad rival sekotanya, Manchester United. 

Pada saat datang ke Citizen pada musim 2002/03, Schmeichel langsung menggunakan nomor punggung 1, yang merupakan nomor punggung kiper utama. Pada musim selanjutnya, terdapat David Seaman, kiper andalan Arsenal di musim-musim sebelumnya, yang langsung menggunakan nomor punggung 1 menggantikan Peter Schmeichel yang pensiun. 

Kiper andalan Citizen di era Sheikh Mansour, Joe Hart baru menggunakan nomor punggung 1, pada musim 2012/13, meskipun pernah menggunakan nomor punggung 1 selama satu musim pada 2008/09. Kini Claudio Bravo kiper andalan Citizen yanng menggunakan nomor punggung ini.

READ  Daftar Skuad Arsenal 2021 Terbaru Musim Ini

2. Nomor Punggung 2

Nomor punggung 2, merupakan nomor punggung yang umum bagi seorang bek, atau pemain bertahan. Di Manchester City sendiri, mungkin pemain anyar atau legenda tidak terlalu banyak yang dikenang menggunakan nomor punggung ini. 

Satu-satunya pemain sebelum era Sheikh Mansour yang dianggap legenda menggunakan nomor punggung ini adalah Micah Richards. Pemain yang memulai karir seniornya di Manchester City ini, menggunakan nomor punggung 2, 2 musim setelah memulai karir di Citizen. 

Sejak Micah Richards hengkak pada musim 2014/15 tidak ada yang menggunakan nomor punggung ini lagi, sampai akhirnya rekrutan top Citizen, Kyle Walker datang. Kyle Walker langsung masuk dan menggunakan nomor punggung ini pada pada musim 2017/18.

3. Nomor Punggung 4

Di Manchester City, nomor punggung ini tentu melekat pada seorang pemain yang dianggap legenda di era saat ini. Vincent Kompany, dikenang sebagai mantan kapten dan legenda yang membawa kejayaan Citizen saat ini. 

Vincent Kompany datang pada musim 2008/09, namun nomor punggung 4 digunakan Nedum Onuoha pada saat itu. Nomor punggung 4 baru digunakan Kompany pada musim 2010/11, hingga akhirnya ia hengkang pada musim 2018/19 ke RSC Anderlecht. 

READ  Daftar Skuad Arsenal 2021 Terbaru Musim Ini

Hingga saat ini, belum ada yang menggunakan nomor punggung 4. Alasannya mungkin karena nomor 4 menjadi salah satu 5 No Punggung Pemain Manchester City yang dikenang sebagai Legenda. Sebelumnya, juga ada Mike Doyle yang membawa kejayaan Citizen pada musim 67/68 hingga 77/78 menggunakan nomor punggung ini.

4. Nomor Punggung 8

Nomor punggung 8 di Manchester City, telah banyak diisi oleh pemain bintang. Robbie Fowler, pemain yang pernah jadi andalan Liverpool dan Inggris pernah menggunakan nomor punggung ini pada musim 2002/03 – 2004/05. 

Selanjutnya, nomor ini juga diwariskan ke Joey Barton, salah satu legenda Citizen, pada musim 2005/06 – 2006/07. Nomor ini selanjutnya digunakan Shaun Wright-Phillips, pemain top Inggris, pada musim 2008/09 hingga 2011/12. David Pizzaro pada musim 2011/12 juga tercatat pernah menggunakan nomor punggung ini. 

Pada musim selanjutnya, Samir Nasri, salah satu rekrutan teranyar The Citizen langsung menggunakan nomor ini, dan begitu melekat hingga ia hengkang pada musim 2016/17. Hingga saat ini, Ilkay Gündogan menggunakan nomor punggung ini, meneruskan Samir Nasri.

READ  Daftar Skuad Arsenal 2021 Terbaru Musim Ini

5. Nomor Punggung 10

Nomor punggung ini begitu sakral tidak hanya bagi Manchester City, tapi juga di dunia sepak bola karena menunjukkan seorang Ace atau pemain andalan pada satu tim. Terdapat 3 pemain top di era saat ini yang tercata menggunakan nomor punggung 10 di Manchester City. 

Robinho, pemain top kelas dunia, pernah menjadi andalan Real Madrid, tercatat menggunakan nomor ini selama musim 2008/09 – 2009/10 di Manchester City. Nomor ini selanjutnya diisi oleh Edin Dzeko, yang kemudian menjadi striker subur di Liga Inggris. Sergio Agüero kemudian mengisi nomor ini setelah kepergian Dzeko pada musim 2014/15. Sergio Agüero menunjukkan tajinya dengan menjadi striker subur hingga dianggap legenda Manchester City saat ini.

Itulah 5 No Punggung Pemain Manchester City yang dikenang sebagai Legenda saat ini. Skuad yang selalu diisi pemain bintang memang selalu menjadi keinginan para fans. Pemain yang dicap sebagai bintang pun selalu memiliki nilai yang tinggi di mata publik. Namun, label seorang legenda bagi klub tentu memiliki kehormatan dan nilai yang tinggi di mata fans.

About the author: Molly Suarez

Related Posts